Senin, 25 November 2019

Sumber Belajar


TUGAS PENGEMBANGAN PESERTA DIDIK


Disusun untuk Memenuhi Matakuliah Pengembangan Pesrta didik
Dibimbing oleh Bapak Wahyu Sakti Gunawan Irianto



Disusun oleh:

FANDY AHMAD NURUL ISLAM
180533631557
PTI 18’ B












UNIVERSITAS NEGERI MALANG
FAKULTAS TEKNIK
JURUSAN TEKNIK ELEKTRO
SEPTEMBER 2019





1.    Pengertian
Media Audio adalah media yang isinya hanya diterima melalui pendengaran atau hanya bisa didengarkan saja. Pesan yang disampaikan melalui media audio berupa lambang auditif baik berupa verbal ataupun non verbal. Pesan atau informasi yang disampaikan diganti ke dalam lambang-lambang auditif yang berupa kata-kata, music dll. Media audio adalah media yang mengandung pesan dalam bentuk auditif yang dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemauan anak untuk mempelajari isi tema.

2.    Prinsip-prinsip dalam memilih sumber belajar adalah sebagai berikut:

a.    Prinsip Relevansi
Materi pembelajaran haruslah relevan agar mempunyai keterkaitan dengan pencapaian standar kompetensi dan kompetensi dasar yang diinginkan.

b.    Konsistensi
Saling berhubungan antara bahan ajar dengan kompetensi dasar yang harus dicapai peserta didik

c.    Kecukupan
Materi yang diajarkan hendaknya cukup memadai dalam membantu peserta didik menguasai kompetensi dasar yang diajarkan.

3.    Contoh
-       Radio
Radio merupakan perlengkapan elektronik yang dapat digunakan untuk mendengarkan berita yang bagus dan actual, dapat mengetahui beberapa kejadian dan peristiwa-peristiwa penting dan baru, masalah-masalah kehidupan dan sebagainya.
·         kekurangan media radio
1.    Hanya selintas
2.    Hanya mengandalkan suara
3.    Hanya mengandalkan suara
4.    Cenderung sifat komunikasinya satu arah
5.    Siarannya disentralisasikan sehingga guru tak dapat mengontrol
6.    Integrasi siaran radio yang bersifat mendidik jarang ditemukan
o    Kelebihan media radio:
7.    Personal
8.    Cepat
9.    Jangkauan luas
10. Imajinatif, dapat merangsang imajinasi
11. Sederhana
12. Mudah di bawa-bawa dna harganya murah
13. Siaran langsung
14. Siswa dapat memusatkan perhatian pada bunyi
15. Dapat menyajikan laporan seketika (on the spot)
-       Kaset Audio (Kaset Pita Magnetic)
Disini khusus membahas kaset audio yang sering digunakan di sekolah.Memiliki keuntungan yaitu merupakan media yang ekonomis dan praktis, karena biaya pengadaan dan perawatan sangat murah dan mudah didapatkan.
Audio Kaset berupa pita yang dapat mengahasilkan suara jika di putar dalam tape recorder. Alat ini sudah sangat umum dikenal oleh masyarakat sebagai alat musik dan untuk media pembelajaran sendiri alat ini cukup efektif dan efisien untuk dimanfaatkan dalam proses pembelajaran keterampilan mendengar (listening skill).
Rekaman audio merupakan media yang sangat tepat untuk pembelajaran Bahasa.Misalnya saja latihan membaca alqur’an, rekaman berbahasa asing, rekaman doa-doa, dan lain-lain.
    • Kelebihan media Audio Kaset:
a.    Memiliki multifingsi yaitu merekam, menampilkan rekaman, dan menghapus serta playback rekaman tersebut dilakukan segera mungkin pada mesin yang sama.Pita rekaman mampu diputar berulang-ulang sesuai dengan kebutuhan tanpa mempengaruhi volume
b.    Kaset pita memberikan kemudahan dalam pembelajaran Bahasa dan pengadaan programnya sangat mudah.




o    kekurangan Media Audio Kaset
a.    Memiliki jangkauan yang sangat terbatas
b.    Kaset pita terkadang macet atau kusut di dalam mesin pemutar karena tipisnya kaset
c.       Kurang afektif digunakan sebagai media materi yang memilki tingkat kesukaran tinggi seperti matematika, kimia dan fisika.

4.    Kelebihan dan Kelemahan Media Audio
Media audio secara umum juga memiliki kelebihan dan kelemahan yaitu.
-    Kelebihan
1.      Tersedia di mana-mana dan mudah digunakan karena sebagian besar  sering menggunakannya.
2.      Tidak mahal, jika perangkat sudah dibeli maka tidak memerlukan biaya tambahan lagi karena perangkat yang disimpan bisa dihapus dan dipergunakan kembali. Untuk fasilitas audio dengan bantuan internet juga tersedia internet secara gratis atau berbiaya murah.
3.      Bisa diproduksi, materi audio dapat dengan mudah diduplikat dengan bantuan piranti lunak dan perangkat yang sesuai.
4.      Menyediakan informasi terbaru, siaran audio biasanya berbasis berita, pidato, presentasi, atau penampilan langsung.
5.      Menyediakan akses gratis bagi berkas-berkas audio, semua itu dapat kita dapatkan dengan bantuan web yang tersedia di dunia maya.
6.      Ideal untuk mengajar bahasa asing, memungkinkan para pembelajar untuk mendengar dan merekam pelafalan kata-kata dalam bahasa asing.
7.      Merangsang imajinasi, karena pesan lisan disampaikan dengan lebih dramatis sehingga akan merangsang daya imajinasi siswa.
8.      Bisa diputar ulang sesering mungkin sesuai kebutuhan untuk lebih memahami materi.
9.  Portable, praktis mudah dibawa dan digunakan di mana pun dan kapan pun.
10.  Memudahkan penyiapan mata pelajaran, artinya pengajar bisa merekam mata pelajaran terlebih dahulu dengan baik, untuk kemudian diperdengarkan kepada siswa di kelas.
11.  Pilihan mudah ditempatkan, artinya berkas sudio dapat dengan mudah di tempatkan ke dalam media penyimpanan yang sesuai dengan kebutuhan.
12.  Tahan kerusakan, berkas audio yang disimpan baik di dalam CD maupun MP3 tahan terhadap kerusakan, goresan biasa pada CD tidak akan mempengaruhi kualitas suara (Heinich, dkk. 2002: 376-377).

-           Kelemahan
1.         Tidak memantau perhatian, artinya ketika rekaman audio diperdengarkan siswa mungkin saja mendengarkan tetapi tidak menyimak dan memahaminya dengan baik, dan guru tidak dapat mengetahui kondisi tersebut.
2.      Kesulitan dalam penentuan kecepatan, artinya dengan beragamnya kemampuan belajar siswa guru akan sulit menentukan durasi pemutaran dan pengulangan yang mungkin diperlukan.
3.      Kebutuhan perlengkapan digital dan piranti lunak.
4.      Urutan yang kaku, artinya berkas audio yang sudah terekam tidak dapat dengan mudah dimajukan atau diundur seperti pada media cetak. 
5.      Kesulitan dalan menempatkan segmen.
6.      Berpotensi terjadi penghapusan yang tidak disengaja 

by : Fandy ahmad nurul islam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SINGLE & DOUBLE LINKED LIST

1.       Tujuan Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian queue dan dequeue ·         Mahasiswa dapat melakukan perancangan aplikas...